Arti Pecinta Alam

 Arti Pecinta Alam | http://pohonbercabang.blogspot.com/ - Pecinta alam adalah dua kata yang mungkin selalu diperdebatkan setiap orang, karena pecinta alam itu sendiri mengandung pengertian karena pecinta alam mengndung arti yang sangat meluas, dan sering menimbulkan berbagai macam pengertian dari setiap kelompok atau individu.Pecinta alam berawal dari Cinta berarti menyukai, mengagumi, dan menyayangi. (disini yang dimaksud pecinta adalah pelaku dari yang mencintai. kemudian alam ini adalah objek. ). Sehingga pecinta alam berarti orang yang menyukai, mengagumi, dan menyayangi alam. pandangan lain, beda pula arti pecinta alam yang membuat pengertiannya menjadi sangat meluas. Namun dilihat dari kegiatannya, yang dapat dikatakan pecinta alam bisa dibedakan dalam beberapa kelompok :

Kelompok pertama adalah mereka yang menyalurkan hobby dengan menggeluti alam bebas. Biasanya mereka yang gemar berada dalam posisi menghadapi tantangan untuk mencari “kepuasan“ tersendiri. Kegiatannya meliputi pendakian gunung (mountaineering), panjat tebing (climbing), susur gua (caving), arung jeram (rafting), dan lain - lain.Kelompok kedua adalah mereka yang berorientasi dalam penyelamatan lingkungan hidup. Dengan berkegiatannya penanaman mangrove, penangkaran flora dan fauna, operasi SAR, pengamatan sosial - ekonomi - budaya masyarakat dan lain - lain.Kelompok ketiga adalah mereka yang melakukan kegiatan Kelompok pertama dan kedua. Mereka yang selain menggeluti alam bebas, mereka juga berusaha melakukan penyelamatan lingkungan hidup.ada juga yang mengartikan bahwa Pecinta artinya orang yang mencintai, dan alam artinya segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Alam berarti segalanya, baik benda hidup maupun benda tak hidup, yang ada di dunia ini. Udara, tanah, dan air merupakan bagian dari alam yang membantu kelangsungan hidup kita. Demikian pula dengan tanaman, hewan, dan manusia, mereka termasuk bagian dari alam ini. Keberadaan mereka satu dengan yang lain saling mempengaruhi.
dari pengertian diatas ada perbedaan makna antara kelompok pertama, kedua, dan ketiga dalam istilah "pecinta alam" sendiri.diatara mereka yang mencintai alam (lingkungan) dengan mereka yang menikmati alam (gemar berpetualang di alam bebas).



dengan semua ini, jangan pernah membedakan antara "pecinta alam" atau "penikmat alam" kita sama-sama mencintai alam. maka jagalah alam selayaknya anda menjaga orang yang anda sayangi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar