Tips Sebelum Naik Gunung

Tips Sebelum Naik Gunung | http://pohonbercabang.blogspot.com/ - Kegiatan mendaki atau naik gunung yang saat ini sedang di gemari oleh masyarakat awam atau yang sudah banyak berpengalaman naik atau mendaki gunung. Biasanya hanya untuk melihat pemandangan di puncak gunung atau melakukan kegiatan observasi di gunung. Oleh karena itu saat ini tidak sedikit orang yang berbondong-bondong menghabiskan waktu di gunung. 


Untuk anda yang ingin naik atau mendaki gunung, lebih baik baca tips di bawah ini

1. Pelajari medan gunung yang akan dinaiki 
Satu persiapan penting sebelum mendaki gunung adalah mempelajari medan dan lokasi gunung tujuan Anda. Dikarenakan, setiap jalur pendakian gunung mempunya jalur yang berbeda-beda


Anda bisa mempelajari lokasi pendakian dari berbagai sumber di internet, bertanya dengan pendaki yang sudah mencobanya. Dengan mengetahui jalur medan perjalanan, Agar dapat mempersiapkan logistik dan stamina dengan tepat.

2. Berolahraga sebelum pendakian gunung 
Jangan pernah meremehkan atau menganggap enteng dalam pendakian. Karena dibutuhkan stamina yang fit dan kondisi badan yang prima bagi anda yang ingin mencapai puncak gunung tersebut


Untuk lebih baiknya anda berolah raga beberapa minggu sebelum hari pendakian, seperti jogging atau lari-lari kecil. Jalur pendakian yang menanjak, udara yang dingin, dan oksigen yang menipis akan jadi halangan terberat. Lakukanlah olahraga dengan rutin dan teratur, jangan lupa juga untuk menyeimbangkan waktu 


3. Sebelum pendiakian untuk menyiapkan pertalatan yang tepat
Peralatan yang umum dibawa para pendaki adalah tas carrier, sepatu hiking, jaket, pisau lipat, jas hujan, alat masak portabel, senter, peluit, kompas, dan perlengkapan obat P3K. Kalau Anda berkemping di gunung, jangan lupa untuk membawa matras, tenda, dan sleeping bag.

Tas carrier harus disesuaikan dengan durasi perjalanan. Jika perjalanan panjang, Anda bisa membawa tas carrier dengan ukuran 80 liter. Untuk alat masak portabel terdapat dua jenis, yaitu nesting ataupun trangia. Bedanya, nesting menggunakan kompor dengan gas mini hi - cook dan kalau trangia menggunakan spirtus. 

Soal sleeping bag, ada baiknya Anda memakai yang jenis mummy daripada tipe selimut. Sleeping bag jenis mummy ini adalah mengikuti alur tubuh, mengecil di bagian kaki dan memiliki resleting di pinggir. Hal ini membuat Anda lebih hangat saat kemping di gunung


4. Mengurus Perizinan
Beberapa gunung memiliki tempat perizinan yang mengharuskan para pendaki mengisi data diri dan lama perjalanan. Jangan pernah mendaki gunung tanpa mengurus perizinan tersebut, dikarenakan petugas disanalah yang akan membantu anda.


Beberapa gunung yang populer dan mengharuskan pendakinya untuk membuat izin mendaki adalah, Gunung Kerinci, Gunung Gede - Pangrango, Gunung Argopurom, dan Gunung Semeru.
Jika Anda tidak turun gunung pada hari yang sudah ditulis, para petugas setempat akan sigap mencari Anda. Mereka akan menyisiri gunung untuk menemukan Anda. Merekalah orang pertama di garis depan untuk menolong Anda.


Dan tentunya kabari orang tua atau kerabat terdekat. Ini bertujuan agar mereka dapat membantu tim SAR atau pihak keamanan setempat, jika Anda hilang atau tersesat dalam pendakian. 

5. Bawalah perbelakan logistik secukupnya
Perbekalan makanan memang menjadi peran penting dalam malakukan kegiatan naik atau mendaki gunung. Anda harus menyiapkan makanan secukupnya, agar anda tidak kekurangan atau sia-sia membuang makanan yang tersisa.

Biasanya para pendaki membawa makanan seperti beras, mie instan, atau kornet yang bisa menjadi menu makan, karena makanan instan mudah di buat dan tidak merepotkan ketika dibawa. Selain itu, siapkan juga biskuit, cokelat dan roti yang bakal mengisi tenaga dalam perjalanan anda ketika berjalan mendaki.


6. Jaga handphone dengan baik dan benar
Sebelum naik gunung, ada baiknya Anda mematikan handphone dan menaruhnya di dalam plastik untuk melindungi dari rembesan air. Selain itu, masukanlah handphoneAnda ke dalam syal yang digulung atau ke dalam jaket yang tebal. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga handphone tetap hangat dan tidak boros baterai. Udara dingin di gunung dapat membuat baterai handphone cepat habis.



7. Berdo'a dan bertingkahlaku baik dan sopan 
Biasakan, untuk berdoa terlebih dulu sebelum memulai pendakian gunung. Mintalah bantuan dan pertolongan kepada Tuhan agar menjaga Anda selama perjalanan.

Saat mendaki, ingatkan diri sendiri dan sesama teman untuk tetap bertindak sopan. Usahakanlah satu tim Anda untuk tidak terlalu bertingkah berlebihan atau berbicara yang kasar.



8. Ingat tiga prinsip pendaki gunung 
Pendaki gunung di dunia ini punya 3 prinsip yang harus dipegang teguh.
- Take nothing but picture, (jangan pernah mengambil apapun kecuali foto)
- leave nothing but footprint, ( jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejak kaki)
- kill nothing but time. (jangan pernah membunuh apapun kecuali waktu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar