Mulailah..


Rita Rubi Hartland - pecinta alam
Pendaki gunung, sahabat alam sejati
Jaketmu penuh lambang, lambang kegagahan
Memploklamirkan dirimu pecinta alam
Sementara maknanya belum kau miliki
Ketika aku daki dari gunung ke gunung
Disana ku temui kejanggalan makna
Banyak pepohonan merintih kepedihan
Dikuliti pisaumu yang tak pernah diam
Batu batu cadas merintih kesakitan
Ditikam belatimu yang bermata ayal
Hanya untuk mengumumkan pada khalayak
Bahwa disana ada kibar bendera mu
Oh alam, korban keangkuhan
Maafkan mereka yang tak mengerti arti kehidupan
___________________________________________________________________________________________

lirik lagu ini sangat sederhana tetapi di balik semua lirik itu terdapat pesan yangsangat mendalam bagi yang membaca lirik ini. Lirik ini menyindir orang yang sudah mencapaititik puncak gunung, entah itu untuk pamer, kepuasan, atau yang lainnya.

meski seperti itu mereka tidak tau bagaimana cara memaknai atau mengambil pelajaran yangada di dalam perjalanan, walau pun mereka sudah mendaki kesemua gunung di Indonesiaperjalanan mereka hanya mendapatkan kepuasan diri.mereka yang belum mengerti, pasti hanya akan membanggakan lambang organisasi ataukomunitas mereka di puncak gunung dan akan menuliskan nama mereka pohon, batu dll.padahal secara tidak sadar mereka hanya merusak nama baik diri atau nama organisasi sendiri,dengan bendera yang berkibar di puncak gunung tentu saja akan menambah kesombongandalam organisasi atau komunitas tersebut.

mereka tidak sadar, ketika menuliskan nama mereka di pohon, pohon ini akan merasakesakitan sama seperti kita yang terkena benda tajam di tubuh. karena pohon juga makhlukhidup, sama seperti kita. hormatilah alam, seperti kita menghormati diri kita, dan sayangilahalam kita, seperti kita menyayangi diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar